SD Islam dan Leadership Bintang Cendekia Laksanakan P5
bintangcendekia.sch.id | PEKANBARU - Pelaksanaan Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) mulai digelar sejak Rabu, 4 September 2024. Kegiatan P5 ini merupakan bagian dari implementasi kurikulum merdeka, yang sejak tahun ajaran 2024-2025 ini sudah diimplementasikan di SD Islam dan Leadership Bintang Cendekia.
Setiap jenjang level murid di SD Bintang Cendekia mengusung tema yang berbeda dalam pembuatan projek P5. Seperti level satu, menanam dan memelihara tanaman bermanfaat dalam kehhidupan sehari hari, dan guru tim level satu memilih menanam bawang sebagai projek murid level satu.
Sedangkan murid level dua, membuat karya barang bermanfaat yang digunakan dalam keseharian. Masing-masing membuat kaca cermin, yang dihiasi dengan tali serabut kelapa di pinggirnya.
Berbeda dengan dengan murid level tiga, yang memilihi tema dengan hidup berkelanjutan. Para murid secara berkelompok belajar bagaimana membuat dan memproduksi air keruh menjadi air bersih, dengan bebera alat dan cara yang digunakan.
Hal yang hampir sama dilakukan oleh murid level empat, mereka secara berkelompok memanfaatkan limbah plastik untuk diolah menjadi barang yang bermanfaat, limbah bungkus plastik dihaluskan lalu dimasukkan ke dalam botol minuman ukuran 1.5 liter agar padat dan terisi. Lalu digabung beberapa botol dan diletakkan papan bundar di atasnya, berguna sebagai meja hias.
Begitu pula dengan murid level lima, mereka membuat karya bermanfaat dari kertas, yang dihias dan dijadikan tempat barang serbaguna, seperti tempat pensil di atas meja, dan barang-barang kecil lainnya.
Lain dari itu, murid level enam tampak membuat projek batik celup, masing-masing murid dibekali kain, dan membuat pola lipatan yang sudah diajarkan dan dijelaskan oleh guru sebelumnya. Kain batik dari hasil karya dari membatik mereka ini, dapat mereka gunakan seperti untuk alas meja.
Proyek-proyek ini bertujuan agar murid memahami dampak dari aktivitas manusia, baik jangka pendek maupun panjang, terhadap kelangsungan kehidupan di dunia maupun lingkungan sekitarnya, khususnya bagaimana melakukan pengelolaan sampah di sekitarnya. Melalui pengelolaan sampah diharapkan para murid dapat membangun kesadaran untuk bersikap dan berperilaku ramah lingkungan serta mencari jalan keluar untuk masalah lingkungan serta mempromosikan gaya hidup serta perilaku yang lebih berkelanjutan dalam keseharian.***
Penulis: Abdul Hbintangcendekia.sch.id | PEKANBARU -amid